WELLCOME TO MY BLOG

Kamis, 22 Maret 2012

UPAH BURUH MENIMBULKAN DEMONSTRASI

      Beberapa buruh permanen di PT Sanmina-SCI menuding pihak perusahaan tidak punya hati nurani lantaran sampai dengan saat ini tiga poin tututan buruh belum disetujui. Padahal jika dilihat dari segi produksi perusahaan sangat bagus dan juga terus meningkat.  

                                                                                       kondisi saat demo

"Saya lima tahun kerja di perusahaan ini, tapi sama sekali tidak pernah mendapat tunjangan seperti uang perumahan. Setiap bulannya saya hanya mendapat gaji sesuai UMK yang berlaku pada saat itu"

Masi kata Lumsi, sebenarnya aksi demo ini tidak akan terjadi jika pihak manajemen menunjukkan itikad baik, misalnya mau memberikan hak-hak buruh dan menyesuaikan upah bulanan sesuai UMK.
Sementara itu, Marta Silaen, buruh linnya mengatakan masalah pengupahan bulan Januari 2012 ini tidak sesuai dengan UMK 2012 sebesar Rp1.402.000. Semua buruh masih menerima upah UMK 2011 sebesar Rp1.180.000. Sebelum juga buruh di PT Sanmina-SCI ini hanya menerima gaji pokok tersebut jika tidak melakukan over time. Sehingga mereka merasa kerja di perusahaan tersebut hanya sebagai budak yang tidak mendapat hak-haknya. 

"Saya kerja di perusahaan ini sudah lima tahun, setiap bulan cuma terima gaji pokok kalau tidak lembur. Kalaupun saya lembur paling banyak terima Rp2,3 juta. Saya punya anak dua, suami hanya buruh PT, gimana bisa bertahan hidup. Buruh ini semua tidak menuntut yang berlebih, cumamenuntut haknya saja" 

      Seperti hal di atas memang sering jadi permasalahn bagi para buruh, itu menyulitkan buruh untuk mendapatkan hak haknya. di asia masih banyak masalah buruh yang belum terselesaikan. yang heboh adalah masalah upah Gaji. meskipun pemerintah telah menetapkan UMK tetap namun dari perusahaanya sendiri menolak, bagi perusahaan yang menengah ke atas seperti cerita di atas seharusnya dapat memberikan haknya. jika terjadi demo itu juga akan merugikan perusahaan tersebut larena stok pengiriman barang kan berkurang karena mesin off.
      Alangkah baiknya bagi perusahaan berbuat adil terhadap buruh, karena tanpa buruh perusahaan tersebut tidak akan berjalan. jangan sepelehkan seorang buruh, untuk perusahaan tertentu yang masih menggunakan sistem assosrsing tolong di hilangkan karena itu mencekik para buruh..

sumber : http://www.batamtoday.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar