WELLCOME TO MY BLOG

Rabu, 23 November 2011

SERTIFIKASI KEAHLIAN DI BIDANG IT

Meningkatnya kebutuhan IT mulai dari operasional bisnis biasa sampai ke jaringan perusahaan yang lebih kompleks menyebabkan kebutuhan tenaga IT tidak hanya dirasakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang IT, tetapi juga nonIT. Adanya kompetensi dibutuhkan untuk memudahkan bagi perusahaan atau institusi untuk menilai kemampuan (skill) calon pegawai atau pegawainya. Adanya inisiatif untuk membuat standar dan sertifikasi sangat dibutuhkan. Namun masih terdapat permasalahan seperti beragamnya standar dan sertifikasi. Sebagai contoh, ada standar dari Australian National Training Authority.



Keuntungan dalam mengambil sertifikasi:
a. menjadi tambahan alasan untuk mempertimbangkan mengambil sertifikasi IT. Salah satu yang utama tentu saja membuka lebih banyak kesempatan pekerjaan.
b. memberikan wawasan-wawasan baru yang mungkin tidak pernah ditemui pada saat mengikuti pendidikan formal atau dalam pekerjaan sehari-hari.
Jenis sertifikasi
Pada dasarnya ada 2 jenis sertifikasi yang umum dikenal di masyarakat
a. Sertifikasi akademik yang memberiakan gelar, Sarjana, Master dll
b. Sertifikasi profesi. Yaitu suatu sertifikasi yang diberikan dari keahlian tertentu untuk profesi tertentu.

Sertifikasi yang saya ambil contoh adalah sertifikasi di Bidang Computer Graphics dan Multimedia
Peluang kerja di bidang Computer Graphics dan Multimedia sangat luas, mulai dari designer, art director, web designer, editor, multimedia artist, visualizer, visual effect artist, dan banyak lagi. Beberapa vendor yang mengeluarkan sertifikasi di bidang ini adalah Adobe, Macromedia, Autodesk, dan Maya. Yang di pelajari dalam menganmbil sertifikasi ini adalah mempelajari bagai mana menggunakan suatu software untuk menggambar, mengedit seuatu gambar atau media data. Fungsi yang paling utama dalam mengambil sertifikasi ini adalah untuk mendapatkan pengakuan bahwa anda dapat menggunakan software ini dengan baik dan dapat juga meningkatkan penghasilan.

Tujuan orang menganbil suatu sertifikasi adalah untuk:
1. Menaikkan pengakuan industri secara intenasional.
2. Sertfikasi ini merupakan pengakuan akan pengetahuan (bermanfaat bagi promosi, gaji)
3. Bisa juga karena hobi dalam menggambar dan ingin mengembangkannya.
4. Menambahkan wawasan dalam menggunakan software untuk mendesaign sebuah gambar atau interior.



1 komentar: