WELLCOME TO MY BLOG

Kamis, 26 April 2012

HUBUNGAN MULTIBLOWER DENGAN KOMPUTER

     Multi blower merupakan Pendingin pada komputer sangat berpengaruh pada stabilitas komputer itu sendiri lalu bagaimana supaya sistem pendingin atau sirkulasi udara dalam CPU agar berjalan optimal. Multi blower pada Komputer disebut  pendinginan CPU(Prosessor) gunanya untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer terutama pada prosessor. Panas pada komputer berpotensi merusak atau memperlambat kinerja sebuah komputer. 

contoh heatsink

!! o iya ingat heatsink sm blower tuh beda yah.. klo heatsink hanya sebagai perantara antara prosesor dengan blower, sedangkan blower merupakan alat pembuang panas yg di hasilkan oleh si prosesor..


ada beberapa cara untuk mengurangi panas yang berlebihan pada komputer diantaranya: 

1. Menambah Kipas Pada Casing

    Dengan penambahan kipas pada casing dapat membantu kerja Blower yang ada pada power suply agar udara  yang ada di dalam casing atau CPU dapat dibuang secara maksimal.Pemasangan kipas dapat bervariasi, tergantung bentuk dan model kabin dalam casing.


2. Menutup Casing


    Sistem pendingin pada CPU mengandalkan sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang baik adalah melalui celah-celah yang terdapat pada casing dan dari celah-celah tersebut udara masuk yang kemudian keluar lewat kipas yang terdapat pada power suply. Nah jika tutup casing di buka tidak akan ada sirkulas udara yang baik, justru akan menimbulkan pemanasan local yang mengakibatkan komponen dalam CPU cepat atau lambat akan rusak, dan kerusakan ini akan lebih fatal seperti hang dan over heating pada komponen yang penting.


     Ada beberapa cara yang dapat di gunakan untuk mengurangi panas komputer atau mendinginkan komputer:


1. Hindari sinar panas
    Letak komputer dapat mempengaruhi suhu dalam casing.Tempat casing yang terletak tepat diarah sinar matahari (daerah seperti jendela) dapat menaikkan temperatur dalam casing.
2. Pendingin prosesor
    Prosesor modern memiliki kinerja tinggi.Namun,karena banyak bekerja panas yang dihasilkan pun tinggi juga. sebaiknya menggunakan hetsink yang bagus aja. klo bisa hetsink yang menggunakan pasta karena lebih dingin.
3. Membersihkan sistem pendingin dari debu dan kotoran
    Sistem pendingin berupa heatsink dan fan hanya dapat mendinginkan secara maksimal jika bersih dan bebas debu.karena itu Anda harus rajin membersihkan kipasnya.
4. Memasang kipas tambahan
    Jika komputer Anda sering kali crash atau hank karena terlalu panas. Dalam hal ini anda harus menambahkan kipas pada sistem pendingin yang telah tersedia.Beberapa casing komputer memiliki tempat kosong sebagai tempat untuk kipas tambahan.
5. Istirahat
    Bagi anda yang sering mnggunakan komputer buat Game, terutama dalam game 3G,Selain baik untuk kondisi tubuh anda ,peringanan kerja pada sistem komputer Anda akan menjamin keawetannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar