WELLCOME TO MY BLOG

Kamis, 06 Januari 2011

ENCODER DECODER

Encoder decoder (counter)
Encoder decoder adalah sebuah rangkain system digital yang menggunakan IC( integrated circuit) dan menghasilkan output berupa bilangan decimal yang di tamnpilkan oleh sevent segment.

Encoder decoder ini banyak di aplikasikan di peralatan elektronika lainya seperti lampu lalulintas yang biasanya terdapat detik dalam menghitungnya. Biasanya pada lampu lalulintas menggunkan down counter karena menghitung dari angka 9-0.
Encoder decoder ini juga merupakan dasar dari pembuatankomponen digital lainnya, rangkain dalam pembuatan encoder decoder ini cukup sederhana dan menggukan biaya yang cukup murah. Berikut adalah rangkainnya:

Ini merupakan rangkain encoder decoder(counter) fungsi alat ini adalah sebagai pencacah atau menghitung secara acak dalam suatau keadaan, misalkan dalam keaadaan lebaran pasti ada banyak mobil yang melintas terutama di daerah nagrek dan pantura, biasanya petugas menghitungnya dengan alat manual, dengan cara ini petugas akan lebih mudah dalam menghitungnya, serta tidak perlu kawatir akan keliru dalam menghitungnya. Komponen yang di gunakan dalam rangkain encoder decoder ini cukup sederhana dan murah yaitu:
Push-on ic 555 ic 7490 ic 7447 resistor =330Ω
Resistor = 1k Ω kapasitor=0.01µF
Itulah komponen yang digunakan saya sarankan untuk poemasangan ic sebaiknya menggunakan socket ic supaya icnya tidak rusak karena ic mudah rusak jika terkena panas yang berlebihan dari solderan.
Cara kerja rangkaian ini cukup mudah dengan menekan push-on maka angka atau digit digital akan tampil di sevent segment dari 1-9 output bias lebih dari Sembilan tinggal kita memasang sevent segment yang berapa digit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar